Social Icons

Minggu, 22 Februari 2015

Binthe Biluhuta, Makanan Khas dari Gorontalo



Nikmatnya Binte Biluhuta, Makanan Khas Gorontalo 


GORONTALO tidak hanya terkenal dengan objek wisata, tapi juga memiliki makanan khas yang menggugah selera. Namanya binte biluhuta.

Berkunjung ke Gorontalo jangan lupa sempatkan untuk mencicipi makanan khas kota tersebut. Gorontalo tidak hanya terkenal dengan sambal dabu-dabu dan ikan cakalang, tapi masih banyak beragam kuliner yang wajib Anda coba.

Salah satu makanan khas Gorontalo yang masih jarang ditemui adalah binte biluhuta. Hidangan ini sudah ada sejak masa lampau. Warga Gorontalo biasa menyebut binte biluhuta dengan milu siram.

“Binte biluhuta hampir sama dengan sup, namun terbuat dari jagung manis yang sudah dipipil, ditambah potongan ikan cakalang, udang, parutan kelapa, kemangi, daun bawang, cabai merah, dan bawang goreng,” jelas travel blogger Cristanto saat dihubungi Okezone, baru-baru ini.

Rasanya yang gurih dan pedas banyak disukai oleh masyarakat Gorontalo. Binte biluhuta tidak hanya bisa ditemukan di Gorontalo, tapi Anda bisa menemukannya di daerah Sulawesi Tengah, seperti di Luwuk dan Palu.

“Untuk menikmati binte biluhuta, biasanya ditemani nasi dan sambal dabu-dabu. Tapi jika suka asam bisa ditambahkan perasan jeruk nipis,” tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Batman Begins - Help Select
 
Blogger Templates